Jenis Pisau Dapur Dan Fungsinya

April 10, 2022

Hi semuanya! kembali lagi bersama aku Yunita dan kali ini aku mau sharing jenis pisau dapur yang biasanya aku gunakan sehari2 di rumah.

Mungkin ada yang suka bingung yah, kenapa kalau kita nonton chef masak gitu, pisaunya macem2, karena emang sebenernya setiap pisau itu fungsinya beda2, ada pisau daging, pisau sayur, pisau buah, nah kenapa sih harus dibeda-bedain, pertama karena tekstur yang mau dipotong juga jelas berbeda, dan kedua mencegah kontaminasi ya. Jadi misalnya kita abis belanja di pasar, trus beberes sayur dan daging tuh. Nah kalau bisa pisaunya beda2in, karena kalau abis potong daging, trus potong sayur, itu kalau kita pakai pisau yang sama bisa terjadi kontaminasi silang sisa potongan atau minyak daging dengan sayuran. Jadi, itu kenapa kalau bisa ada satu set pisau dapur di rumah untuk memudahkan kita masak secara lebih professional dan higienis ya.

Untuk pisau yang aku gunakan di rumah, ini merk IDEALIFE ya, karena aku cari yang bahannya stainless steel trus karena tampilannya eye catching makanya aku suka, bikin dapur aku keliatan lebih cakep dengan pajangan pisau2 ini juga.

1.Cleaver Knife

Ciri khas pisau daging itu bentuknya siku gini, kayak petak gitu, dan ini gunanya untuk memotong daging tebal, tulang rusuk, tulang tipis. Dan ini pisaunya emang super tajem, jadi kalau untuk daging, aku bener2 concern sama ketajaman pisaunya, kalau dagingnya tebal tetap mudah potongnya,, ga kerasa kayak alot, tapi langsung enak gitu potongnya. Ini ukuran 6.5in atau sekitar 16.5cm.

Cleaver Knife

Cleaver Knife

2.Chef Knife atau Pisau Koki.

Ini tuh pisau paling penting yang harus dimiliki di dapur karena chef knife ini bisa digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan, mulai dari daging sampai sayur. Ukurannya 8in atau sekitar 20cm.

Chef Knife

Chef Knife

3.Bread Knife

Digunakan untuk memotong roti atau cake yang bertekstur lembut. Ciri khas bread knife, dia panjang, ini ukuran 8in atau 20cm, dan ujungnya tipis bergerigi. Jadi kalau potong roti atau cake tetep rapi dan ga mudah hancur saat dipotong, dan hasil potongnya jadi mulus.

Bread Knife

Bread Knife

4.Utility Knife

Ini juga jenis pisau yang sering kita lihat dan umum digunakan ya. Ini fungsinya mirip pisau koki atu chef knife, cuma bedanya karena ukurannya lebih kecil, yaitu 5in atau sekitar 13cm, jadi cocok untuk potong bahan makanan yang lebih kecil, jadi potongnya bisa lebih presisi, kayak bawang, lengkuas, jahe, sayuran cocok banget. Utility knife ini juga cocok untuk mengeluarkan bagian yang keras dan memisahkan dari tulang.

Utility Knife

Utility Knife

5.Paring Knife

Pisau pengupas atau orang suka bilang juga pisau kecil. Ini juga pisau serbaguna, terutama untuk membantu mengupas makanan dengan ukuran presisi, kayak sayur dan buah2an. Ini ukurannya 3.5in atau 9cm. Jadi kalau mau kupas bawang, tomat,, atau mau potong sayuran lainnya juga cocok.

Paring Knife

Paring Knife

6.Gunting Dapur

Gunting dapur ga boleh dicampur2 dengan gunting biasa lainnya. Karena kita kan biasa gunakan untuk menggunting dedaunan, mungkin gunting soun, gunting kemasan tepung terigu, kemasan gula, kemasan garam, jadi selalu harus punya gunting dapur yang terpisah pemakaiannya hanya untuk dapur biar tetep higienis. Ga boleh campur dengan gunting yang buat buka2 packingan barang belanja online, paket2, itu kan ada bekas lem dll, jadi jangan dicampur2 pake untuk di dapur. Kalau gunting dapur juga ada ciri khasnya ya, di bagian samping ini ada buat pembuka tutup botol, trus bagian tengah ini bisa digunakan untuk membuka kacang2an, cangkang kepiting, atau tutup botol.

Gunting Dapur

Gunting Dapur

7.Peeler

Peeler adalah alat pengupas kulit sayur, buah, dan umbi2an. Contohnya untuk kupas kulit kentang, kupas wortel, dan kalau mau kupas buah juga bisa banget. Kalau kupas mangga aku juga sering pake peeler, supaya lebih terkontrol dan dagingnya ga banyak terbuang. Untuk peeler yang aku gunakan ini adalah ceramic peeler yah. Jadi kalau ceramic peeler itu ringan, anti karat juga, dan tajamnya lebih tahan lama, jadi ga perlu sering diasah juga gapapa.

Peeler

Peeler

Trus jangan lupa sharpener atau pengasah pisau juga penting yah. Kalau beli paketan professional knife set idealife ini udah dapet pengasah pisaunya juga. Dan semakin sering kita gunakan pisau itu, ya berarti harus lebih sering asah pisaunya biar tetep tajam dan enak buat pake di dapur.

Pengasah

Pengasah

Trus buat kalian yang penasaran sama tempat simpan pisau dapur ini, aku sekalian review yah. Ini merk IDEALIFE juga dan bahannya itu plastik PP yang kuat, makanya aku suka banget. Jadi tempat pisaunya ini ada 2 part, yang pertama, ini ada chopping board atau talenan. Aku kalau beli talenan ga suka yang kayu, aku sukanya yang plastic, biar rasanya itu bahan makanannya ga nempel di talenan, dan pastinya lebih mudah dicuci dan dibersihkan. Di bagian pinggir talenannya ini juga ada pengasah pisau ya, jadi kalau mau tajamin pisau di bagian ini juga bisa. Trus karena bagian dalam talenan ini ada magnent, makanya pisau bisa nempel disini. Trus part kedua ada holder yang bersekat untuk menyimpan gunting, peeler, sumpit, dan alat dapur lainnya.

Talenan dan Pisau

Talenan dan Pisau

So ini dia sharing aku mengenai jenis pisau dapur yang biasanya aku gunakan di rumah. Kalau mau beli yang sama kayak punyaku, bisa beli di Shopee Idealife atau Tokopedia Idealife, di official storenya idealife yah, cari aja idealife outlet. Professional knife setnya cuma 240rb untuk 8 item yang tadi udah aku jelasin, worth it banget, dan untuk tempat simpanan pisau dapur magnet ini juga cuma 250rb. Dan kalau kalian mau tau update tentang produk-produk idealife kalian bisa cek di instagramnya di @idealifeonline_

 

Sekian review aku tentang pisau dapur, sampai jumpa di review berikutnya!

 

 

 

By Author

Related Articles

Bloom Colagen Young Living

Bloom Colagen Young Living

Hallo guys, balik lagi sama aku Yunita! Kali ini aku mau sharing soal perjalanan diet aku yang udah aku jalanin selama 8 minggu ini atau 2 bulan dan sekalian sharing review Bloom Collagen Young Living, minuman yang aku suka banget dan aku pilih untuk menemani...

read more
Review Air Purifier Idealife

Review Air Purifier Idealife

Hallo guys, balik lagi sama aku Yunita! Nah, jadi beberapa bulan lalu tuh aku mengalami alergi hidung, jadi tiap kali bangun tidur itu mesti bersin2 sampe setengah hari. Jadi pagi hari aku bisa bersin puluhan kali, ga nyaman banget, sampe aku cek ke dokter, dokter...

read more

Vacuum Sealer Idealife

Halo semuanya, kembali lagi bersama aku Yunita! Kali ini aku mau sharing review vacuum sealer IDEALIFE. Menurut aku ini tuh salah satu barang yang wajib ada di dapur karena pasti kepake banget. Jadi vacuum sealer bisa kita gunakan untuk mengemas makanan dengan...

read more

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This